Pemasaran merupakan sebuah system
kegiatan-kegiatan bisnis yang di desain guna merencanakan, menetapkan harga dan
mendistribusi barang-barang dan jasa-jasa yang memenuhi kebutuhan kepada para
pelanggan ini dan para pelanggan ini dan para pelanggan potensial. (Stanton:
1984; 7)
1.
Cara memasarkan naskah karya tulis
ilmiah
1)
Mengerti dan memahami 3 unsur
pemasaran, yaitu: promosi, distribusi, dan penjualan.
2)
Penulis perlu mengetahui pola
pemasaran, dilihat dari unsur utama, kita dapat menggolongkan pada pemasaran
penerbit ke dalam tiga golongan besar, yaitu:
a.
Golongan pertama adalah penerbit
yang mempercayakan pendistribusian dan penjualannya kepada distributor tunggal.
b.
Golongan kedua adalah penerbit yang
mendistribusikan naskah karya tulis ilmiahnya kebeberapa distributor/grosir,
toko buku, dan penjual ritel lainnya.
c.
Golongan ketiga adalah penerbit yang
sama sekali tidak mengendalikan toko buku.
3)
Mencari informasi
a.
Mencari informasi mengenai pola
pemasaran dan tempat pemasarannya.
b.
Mengetahui situasi dan kondisi pada
lingkungan sekitar dalam pendistribusian karyanya.
c.
Mengetahui seluk-beluk pemasaran
naskah dapat menghindari dari kemungkinan konflik antara penulis dengan
penerbit, terutama dalam hal perhitungan royalti dan cetak ulang.
2.
Teknik menembus publikasi ilmiah
1)
Tulisan yang dibuat sesuai dengan
bidang penulis
2)
Bahasa yang digunakan adalah bahasa
ilmiah popular (mudah dipahami) dan tidak berbelit-belit
3)
Tulisan harus sistematis
4)
Mencantumkan semua persyaratan
dengan baik dan benar
5)
Mencari informasi agar
mengetahui/mengenal siapa dan bagaimana karakter sebuah media
3.
Contoh surat pengantar
Surat pengantar merupakan sebuah
surat yang dikirim bersama dengan naskah yang akan diajukan kepada penerbit
yang berisi identitas penulis dan disertai dengan tujuan penulis.
Jangan sampai lupa, dalam surat
pengantar kepada redaksi lampirankan riwayat hidup singkat (curriculum
vitae) kita.
4.
Harga maha lkarya tulis ilmiah
Karya tulis memiliki peran yang
penting dalam menaikkan angka kredit dalam pengembangan profesi jabatan guru.
Angka kredit adalah suatu angka yang diberikan berdasarkan penilaian atas
prestasi kerja yang telah dicapai oleh seorang guru dan merupakan salah satu
syarat untuk kenaikan pangkat atau jabatan guru (Direktorat Jendral Kelembagaan
Agama Islam, Pedoman Penulisan Karya
Tulis Ilmiah Guru, Jakarta: 2005)
Karya
tulis ilmiah dapat mendapatkan pengakuan dalam bentuk angka kredit terdiri atas
beberapa jenis diantaranya:
a.
Karya tulis hasil penelitian,
survei, dan evaluasi. Jika dipublikasikan secara nasional kreditnya sebesar
12,5, sedangkan diterbitkan dalam majalah ilmiah yang diakui oleh Depdikbud
kreditnya sebesar 6,0
b.
Karya tulis berupa tinjauan dalam
bidang pendidikan, penilaian, dan bidang lainnya. Jika dipublikasikan bentuk
buku dan diedarkan secara nasional dihargai 8,0, dan jika dimuat dalam majalah
imiah dihargai 4,0
c.
Makalah berupa tinjauan atau tulisan
ilmiah, tulisan sendiri dalam bidang pendidikan, pengajaran, bimbingan,
penilaian, dan sejenisnya. Jika di publikasikan dihargai 3,5
d.
Tulisan ilmiah popular dalam media
masa seperti surat kabar, majalah dan yang sejenisnya, setiap sekali terbit
dihargai 2,5
e.
Penyampaian makalah dalam bentuk
prasaran pada pertemuan ilmiah seperti seminar, lokakarya, diskusi panel, dan
yang sejenisnya dihargai 2,5
f.
Buku pelajaran atau modul, setiap
buku yang bertaraf nasional dihargai 5,0 dan yang bertaraf provinsi 3,0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar