Pages - Menu

Senin, 18 November 2013

terminologi perencanaan

  • Terminologi perencanaan fisik dan perencanaan ekonomi telah dikenal umum di berbagai negara di dunia, tetapi terminologi perencanaan sosial kurang umum dijumpai di negara maju di Dunia Barat (sampai saat ini terminologi perencanaan sosial tidak pernah digunakan di Inggris).  Terminologi perencanaan sosial dikenal di negara-negara berkembang atau negara Dunia Ketiga (termasuk Indonesia) dan negara totalitarian.

  • Pada lingkup negara, pada awalnya perencanaan dimulai dengan  perencanaan ekonomi dengan tujuan untuk mengelola secara sistematis aset nasional untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Kebijakannya kemudian ditindaklanjuti dengan perencanaan fisik yang dijabarkan mulai dari tingkat nasional sampai lokal, yang diwujudkan dalam berbagai bentuk program dan proyek pembangunan. Kegiatan pembangunan menimbulkan berbagai dampak (positif maupun negatif) pada kehidupan sosial masyarakat. Kondisi inilah yang mendorong perlunya perencanaan sosial bagi masyarakat  yang belum mendapat keuntungan dari kegiatan ekonomi dan fisik.

  • Perkembangan selanjutnya menunjukkan; seiring dengan era demokrasi; muncul tuntutan untuk mengendepankan peranserta masyarakat.. Sehingga perencanaan sosial bisa dilakukan pada tahap manapun. Bisa dilakukan sebelum, bersamaan atau sesudah perencanaan ekonomi dan perencanaan fisik, dimana perencanaan sosial dilakukan melalui pendekatan community based development.
About these ads

Tidak ada komentar:

Posting Komentar